Tea-Egg one of Must-Trying Foods in Taiwan

15 July 2018 Taiwan

Tea-Egg Taiwan
Tea-Egg one of Must-Trying Foods in Taiwan
Taiwan adalah negara yang sangat terkenal dengan teh-nya. Tidak heran jika orang-orang Taiwan sangat suka meminum teh. Ada banya jenis teh yang diproduksi di Taiwan seperti black tea, green tea dan banyak lagi. Bahkan, saya sempat mengunjungi salah satu tempat di sekitar Taipei dimana di sana mereka menyuguhkan teh gratis yang namanya Blessed-tea yang konon dipercaya oleh orang sana bisa membawa keberkahan hehe.

Saat berkunjung ke Taiwan kemarin saya juga sempat dibawa ke salah satu fabrik teh di sana. Nama pabrik teh-nya adalah Daxi Tea Factory yang berdiri sejak tahun 1926 yang sekarang berubah fungsi menjadi museum dimana terdapat peralatan zaman dahulu yang digunakan untuk memproduksi teh. 

Namun, dalam tulisan ini saya bukannya mau membahas lebih dalam tentang teh Taiwan, melainkan salah satu makanan unik yang baru pertama kali saya coba seumur hidup haha yaitu Tea-Egg. Jadi, saat berkunjung ke Daxi Tea Factory, saya tidak hanya mencicipi jenis teh yang disuguhkan secara gratis tetapi di sana juga ada satu makanan unik yang namanya Tea-Egg. Jujur, saat pertama kali mendengar namanya, saya dengan polosnya bertanya kembali "Bagaimana caranya Teh bisa bertelur" ahahahah.

Jadi, ternyata alasannya telur tersebut dinamai Tea-Egg karena telurnya dimasak dengan air teh yang bagi orang yang pertama kali melihat dan mendengar tentang itu pasti akan merasa unik. Dan saya tidak menyangka ternyata telur yang dimasak menggunakan air teh rasanya jauh lebih enak dibanding dimasak dengan air biasa.
Proses Memasak Tea-Egg
Proses Memasak Tea-Egg
Proses memasak Tea-Egg juga tidak ribet, tidak jauh beda dengan cara memasak telur dengan air biasa. Yang berbeda hanya penggunaan airnya, dan tentunya dikasi sedikit garam agar telurnya sedikit asin. Orang di Taiwan memakan Tea-Egg hanya sebagai cemilan saat bepergian atau saat sedang bersantai dengan keluarga. 

Bagi teman-teman yang mau berkunjung ke Taiwan, pokoknya wajib untuk mencoba makanan ini, sangat enak dimakan khususnya kalau cuaca lagi dingin hehe. 
Jangan lupa baca juga carita aku selama di Taiwan yah di My 6 weeks Project in Taiwan.😉

17 comments

  1. Hmm klo terkenal teh nya shrsnya bsa mngalahkan brand thai tea nya thailand atau greentea nya jepang.

    Klo tea egg sy pernah cba di padang ada juga, enak lho

    ReplyDelete
  2. Tea egg, unik sekali cara masaknya. Saya jadi penasaran dengan rasanya. Jadi pengen praktik masak telur di rumah pakai air teh dan diberi sedikit garam. Bisa kali ya kak, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba yah kak, saya pernah coba tapi entah kenapa rasanya beda hahaha, enakan yang di Taiwan :D

      Delete
  3. Sepintas tadi kefikiran Teh talua di Padang. Ternyata telur yang di masak pakai air teh. Rasanya seperti apa ya? penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya enak sekali kak, karena telurnya dimasak dengan air teh sampai air tehnya betul2 meresap. Jadi saat dimakan, bukan hanya telurnya yang terasa tapi tehnya juga hehe

      Delete
  4. Bagaimana rasanya? Deskripsikan dong, jangan bikin penasaran menggantung begini hahaha
    Bicara soal teh, Indonesia kan termasuk salah satu negara penghasil teh terbaik di dunia. teh terbaik dari Indonesia dihargai mahal di Eropa.
    Sayangnya, kita orang Indonesia malah tidak bisa mencicipi teh yang enak itu, yang tertinggal dan kita nikmati tiap hari adalah teh sisa, teh kualitas nomor 5 alias paling buntut.

    *sigh

    ReplyDelete
    Replies
    1. inimi mungkin yang tehnya dijual ke luar negeri mahal, enak, dan sehat kali ya kak, tapi yang kita dapat malah bukan yang ini.

      Delete
    2. rasanya enak sekali kak. Rasa telur dengan aroma teh. :D

      Delete
  5. Ini saya kira awalnya tehnya diminum hahaha oh ternyata ini masak telur pake air teh lalu telurnya yang dimakan, mungkin telurnya menjadi coklat seperti telur yang digudeg :) Entah soal rasanya, makasih infonya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya kak, telurnya berubah kecoklatan hehe. Rasanya enak sekali kak apalagi di musim dingin hehe

      Delete
  6. jadi penasaran rasanya.. caranya cuma begitu kan? rebus telur dengan teh plus garam sedikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya kak begitu ji caranya haha. Tapi durasi rebusnya lumayan lama dibanding rebus telur dengan air biasa. Rebusnya sampai air tehnya betul2 meresap ke dalam telurnya hehe

      Delete
  7. Waaah jadi mupeeeng. Rasa teh telur bagaimana itu ya?
    Bisa juga mungkin jadi minuman yah? :D

    ReplyDelete
  8. Saya anaknya ga suka bereksperimen sama makanan alias ga gampang suka sama makanan aneh hahahaha. Tapi kalau teh selama masih herbal2 saya suka! Kalau telur selama dia matang saya juga suka! Wkwkwk

    ReplyDelete

Thank you for reading, please leave a comment! ^^

Latest Instagrams

© Sluggish🐌journey. Design by FCD.