Backpacking ke Negara ASEAN Part 1

3 February 2019

How do I manage to travel 6 countries with only 200 bucks in my pocket 
Ba Na Hills - Da Nang Vietnam
Ba Na Hills - Da Nang Vietnam
Hi guys, setelah lama minggat gak ada bahan buat nulis, akhirnya gue (aka gue hahahaa) bisa balik nulis lagi.  So, sesuai dengan judulnya "How do I manage to travel in 6 countries with only $200 in my pocket" atau gimana sih gue bisa mengunjungi 6 negara yang berbeda dengan hanya bermodalkan 200 dollar di dompet? hahaha. I know that it somehow sounds crazy, but I did it anyway. Penasaran kan?? haha

200 bucks for travelling 6 different countries
200 bucks for travelling 6 different countries
Jadi, ke-enam negara yang gue kunjungin kemarin semuanya negara SEA atau ASEAN. Kenapa ASEAN karena selain biayanya terjangkau, mengunjungi negara2 tersebut juga tidak membutuhkan visa (bagi Indonesian Passport Holders). Sebenarnya ada beberapa rute yang bisa diambil, tapi gue memilih untuk membuat rutenya sendiri sebagai berikut:

Malaysia - Singapore - Myanmar - Thailand - Cambodia - Vietnam.
Rute perjalanan gue
Rute perjalanan gue
Ok, langsung saja. 
Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah survey negara tujuan. Iya dong, survey negara tujuan menurut gue sangatlah penting karena akan sangat berefek ke budget yang bakal kalian spend nantinya. Intinya, semua hal yang berhubungan dengan negara tujuan seperti transportasi, makanan, penginapan harus lo tau. Setelah itu, baru deh lo bisa yakin untuk mengunjungi negara tersebut. 

PS : satu negara beda wilayah bisa berbeda living expenses-nya.

Kedua, setelah menentukan negara tujuan, saatnya hunting ticket promo. Jadi, jauh hari sebelum keberangkatan ticket PP udh gue booked. Untuk hunting ticket murah, lo harus rajin2 buka webnya misalnya skyscanner.com , traveloka.com , nusatrip.com , airasia.com atau website lain yang menyediakan ticket online. Biasanya gue bukanya tengah malam sih, gak tau kenapa harganya jauh lebih murah jika di-book tengah malam ketimbang di siang hari haha.

Ketiga, setelah dapat ticketnya mulailah menysun itinerary (perkiraan biaya transportasi, makanan, penginapan dan uang saku tentunya haha).
Untuk penginapan sendiri gue booking di booking.com jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. 

Nah, masuk ke inti pembahasan. Jadi di atas hanyalah pembukaan, eh hahaha. Ok, gue yakin kalau kalian masih penasaran gimana gue bisa bertahan hidup dengan hanya 200 dollar di dompet yang sudah termasuk biaya transportasi lokal, makan dan penginapan. What???? I cant be serious,,,, hahaha

1) Uang 200 dollar ini gue bagi ke tiga bagian menjadi uang penginapan, uang makan, dan uang transportasi lokal (penggunaan bus/MRT/BTS/Monorail/grab atau jenis transportasi yang ada di negara tujuan gue).
2) Setiap meninggalkan satu negara, kan kadang ada sisa uangnya tuh (dalam currency negaranya misalnya Ringgit). Semua sisanya gue tukar lagi ke mata uang negara tujuan selanjutnya.
3) Gue selalu melihat harga sebelum membeli (istilah kerennya gue selalu checking before buying) baik itu transportasi maupun makanan. Misalnya sebelum makan, gue biasanya compare dulu dari restaurant satu dan yang lain, setelah cocok baru deh pesan makanannya (agak ribet yah, mau gimana lagi uang saku gue pas-pasan tapi ngotot buat traveling hahaha). Begitupun untuk transportasi, dan dari pengalaman kemarin jenis transportasi yang paling murah adalah via bus meskipun sebagian dari negara di atas jenis transportasi bus tidak berfungsi secara maksimal. Atau mostly gue jalan kaki khususnya jika jarak tempuhnya hanya sekitar 1 atau 2 km.
4) Yang terakhir, gue gak suka beli barang. Makanya kalau ada teman yang minta oleh2 gue cuma balas ketawa aja hahaha, kecuali kalau ada uang lebih dan semua itinerary gue terceklis baru deh mikir ke sana. 

Tapi balik lagi ke diri kalian masing-masing. Kalau kalian orangnya kuat makan atau lebih nyaman naik private transportation, tentu saja 200 dollar gak cukup hahaha. So, balik ke individunya lagi. But, $200 in my pocket so far so good. ^^

Oh iyya, untuk contoh itinerary-nya, kalian bisa leave email di kolom komentar dan gue tinggal kirim via email. Di dalam itinerary ini, perjalanan backpacking gue ke 6 negara ASEAN sudah gue susun seapik mungkin yang tentunya bisa kalian jadikan sebagai contoh atau sebagai acuan untuk membuat yang lebih menarik lagi tentunya hehehe.
Foto saat di Singapore
Foto saat di Singapore
Oh iyya, untuk detail total biaya keseluruhan "transportasi dan penginapan" gue selama di 6 negara tujuan silahkan baca part 2-nya yah,,,😻Oh iyya, untuk foto-foto selama perjalanan gue saat travelling langsung aja yah kepoin instagram gue di Sluggish_journey 🤣✌️.

21 comments

  1. Woaahhh...memotivasi bangettt...
    Harus nabung juga nih, biar bisa travelling ke beberapa negara.

    Makasih infonya Kak :D

    ReplyDelete
  2. Mau dong contoh itinerary nya. Kirim ke email akuh yaaa pharmayu@gmail.com. Thank you so much in advance Infancy Traveler 😊😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung. Emailnya sudah sy kirim yah, semoga bermanfaat ))

      Delete
  3. Keren! $200 itu 3 juta kan yah? Btw, uang sejumlah itu untuk 3 hal saja? Transport, makan dan penginapan. Bagaimana dengan biaya masuk destinasi wisata? Bagi itinerary ke lelakibugis@gmail.com dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyya kak sekitar 3 jutaan hehehe. $200 exclude entrance ticket di tempat wisata kak :)

      Delete
    2. Sebagian termasuk dan ada juga tidak sih haha

      Delete
  4. Wah, hanya dengan uang saku 200 dolar bisa travelling ke 6 negara ASEAN. Keren nih. Boleh juga tuh tipsnya kak. Btw saya tinggalkan email di sini ya siskadwyta@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Rajin-rajin buka website penyedia tiket ... hm benar jga. Kan maunya dapat harga tiket yang termurah , ya? Ida sampe berapa website itu dipantengin?

    ReplyDelete
  6. $200 sudah bisa ke 6 negara?
    Muraaaah hahaha

    Gua bayangin, dana segitu dipakai ke Papua mah gak cukup. Tiketnya aja udah 2jtan. Belum transport lokal dan makanan. Pusing gak tuh? Hahaha

    Gua aja bingung, koq ke luar negeri malah lebih mahal daripada ke pulau dalam negeri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini $200 exclude ticket pesawat kak haha

      Delete
    2. "Gua aja bingung, koq ke luar negeri malah lebih mahal daripada ke pulau dalam negeri sendiri."

      Gak kebalik tuh? Hehehe.

      Delete
  7. Murahnya kak. Mantap banget bisa 6 negara. Inspirasi banget ini mah. Keluar negeri itu murah kalau jalan2nya. Di indonesia agak mahal untuk travellingnya kak.

    ReplyDelete
  8. Woww kwreem bngeet manajemennya, Jd terinspirasi nih. Ajak juga dong kk jalan2 jd backpacker

    ReplyDelete
  9. Mantap sist.

    Gue ngak nyangka nih biaya backpackingnya bisa sehemat ini..Langsung bisa menjejak kaki ke beberapa negera..Kalau gue terus terang ngak cukup nih,,biasa.. biaya oleh2 yang bnyak klw gue lagi posting di fb lagi keluar negeri.banyak yang komen,,oleh2 nah..buat gue sedikit pusing ..hhehe..overall.. gue salut dengan manajemen keuangannya ketika keluar negeri..

    ReplyDelete
  10. 200 USD itu lumayan sih bagi saya, tapi untuk 6 provinsi saja , bukan 6 negara haha. Jadi penasaran bagaimana caranya biar dana segitu cukup untuk mengunjungi banyak negara,tunggu part 2 nya hihi.

    ReplyDelete
  11. Ooo..jadi $200 ini di luar tiket pesawat ya. Hmm kira kira kalau sama tiket pesawatnya, total bisa habis berapa $ ya?

    ReplyDelete
  12. Hi Sluggishjourney, menarik sekali ceritanya. Boleh bagi itinerarynya dong ke ihsan.harahap@inbound.id. Thank youuu!

    ReplyDelete

Thank you for reading, please leave a comment! ^^

Latest Instagrams

© Sluggish🐌journey. Design by FCD.